Rabu, 23 April 2008

Biografi sang pembelajar

Assalamu’alikum wr.wb.

Tiada tuhan selain Alloh nabi Muhammad SAW. Utusan Nya

puji syukur setinggi-tingginya tak kan saya ragukan hanya untuk tumpuan hidup pemberi nyawa semua makhluk di dunia

Sholawat dan salam tetap menjadikan obat hati ketika goncangan jiwa melanda dan selalu menjadi hiasan kehidupan bagi seorang pembelajar

Sedikit torehan hati yang menggambarkan diri saya, semoga saja mampu menambah keakraban bagi saudara-saudara pembaca tercinta.Tak pantas lah ketika saya harus menyombongkan diri bagi seorang anak yang dilahirkan dari keluarga sederhana yang sedang meratau di pulau Sumatra tepatnya di Propinsi Riau, Indragiri hilir akhir bulan Oktober 1986 yang lalu.Meski begitu saya tak banyak tahu tentang wilayah itu karena tak sampai umur tiga tahun saya sudah kembali ke kota asal Ponorogo Jawa Timur.Anak ketiga dari enam bersaudara selalu menjadikan saya untuk tidak bermanja-manja. Setelah dilahirkan di tempat orang, saya pun menghabiskan hari-hari di Pulau Jawa bagian timur.Dengan penuh kasih sayang saya dibesarkan orang tua dan layaknya anak Indonesia saya pun membutuhkan pendidikan tapi tak selamanya menuntut ilmu harus di tanah tumpah darah sendiri. Saya tak sampai lulus SD sudah hijrah ke kota Trenggalek sebelah timur Kota kebanggaan Kota Reog Ponorogo.Di tempat sendiri saya hanya lulus pendidikan taman kanak-kanak selengkapnya saya melanglang buana meniti langkah memetik ilmu di sisi-sisi persimpangan jalan kehidupan.Banyak pengalaman saya dapatkan dari rumah orang dan dari tempat orang lain.Pendidikan saya Lulus sekolah dasar tahun 1999 dan alamdulillah berjanjut hingga sekolah menengah pertama tahun 2002 dan akhirnya lulus di kota yang sama pendidikan menengah atas tahun 2005.Tak puas dengan satu dua kota kemudian saya berkelana ke kota Pare, Kediri untuk mempertajam pengetahuan verbal sebagaimana harapan saya.

Sejak kecil saya adalah salah satu anak yang gemar akan petualangan,gemar akan keorganisasian sehingga kehidupan selama sekolah pun tak lepas dari yang namanya organisasi.Baik di tingkat Kabupaten maupun di tingkat sekolah.Saat SD saya senang dengan gerakan kepanduan PRAMUKA dan disinilah saya memulai hobi berorganisasi.Pernah juga ketika SD saya meraih juara dua tingkat kabupaten lomba MTQ dan hal ini memberi angin segar serta spirit baru dalam perjalanan menuntut ilmu .Kegiatan kepramukaan tak terhenti pada pendidikan sekolah dasar saja namun masih berlanjut hingga SMP begitu juga kegiatan-kegiatan kerohanian.Tak-henti-hentinya ingin selalu menjadi yang terbaik, aku pun berkompetisi lagi.Di tingkat SMP saya pernah mengikuti lomba siswa teladan dengan memperoleh predikat juara dua setingkat Kabupaten.Jiwa-jiwa kepemimpinan pun mulai nampak dengan terangkatnya saya sebagai ketua dewan galang (Istilah ketua PRAMUKA setingkat SMP) hal ini menjadikan suatu yang istimewa karena waktu itu sekolah saya baru mempunyai dua tingkatan kelas atau bisa disebut saya adalah angkatan kedua dari sekolah negeri yang baru dibuka namun demikian dengan upaya keras saya mampu menembus sekolah SMA terfavorit se-kabupaten.Tak tahu sudah menjadi naluri saya untuk berorganisasi atau apa saya juga kurang tahu yang jelas saya selalu aktif di berbagai kegiatan hingga SMA bahkan hingga saya menuliskan biografi ini. Dan mungkin saja hingga nanti saya menjadi bagian dari organisasi.Indahnya pendidikan menengah atas membuat saya sedikit kewalahan di dalam pendidikan pokok di kelas.Saya bergabung di banyak sekali organisasi seolah saya menjadi gila organisasi.Apalagi saya mempunyai kekurangan di dalam menguasai mata pelajaran yang bersifat matematis dan saya lebih suka dengan mata pelajaran sosial sehingga saya terinspirasi masuk di jurusan IPS.Di bidang keorganisasian setingkat SMA saya pernah menjabat ketua Ekstrakurikuler Pecinta Alam, Ketua Pradana Putra (sebutan wakil ketua Ambalan Pramuka tingkat SMA),saya juga bergabung di SKI (Seksi Kerohanian Islam).bersama kawan-kawan kami juga sempat membuat groups musik islami kontemporer hingga masuk ke dapur rekaman, tidak boming hingga keluar kota memang tapi paling tidak membuat saya bersama kawan-kawan bangga.MPK (Majelis Perwakilan Kelas = bisa dikatakan lembaga legislatif SMA).Diluar sekolah tak kalah serunya saya aktif di Pramuka SAKA BHAYANGKARA, Brigade Penolong (Tim SAR yang dimiliki oleh Kwartir Cabang Pramuka), FOPMUS KORMA (perkumpulan pelajar muslim dan muslimah setingkat kabupaten yang terdiri dari wakil-wakil SMA).Begitu padatnya aktivitas membuat saya terbiasa jarang pulang dan inilah yang membuat saya dituntut oleh kehidupan untuk mampu berdikari.

Setahun kelulusan saya baru memasuki bangku kuliah konkritnya saya mengambil Jurusan teknik Informatika UMSIDA (Univ.Muhammadiyah Sidoarjo) jurusan yang melebar dari disiplin ilmu yang saya dalami di SMA.Awalnya saya sepintas berpikir untuk masuk di fakulas ISIP tapi niat saya tidak kesampaian. Namun lagi-lagi jiwa seorang sosialis tak bisa saya sembunyikan.Saya tetap aktif di berbagai organisasi seperti di BEM, IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) serta perkumpulan di Laboratorium.Andaikan mungkin saya juga masih senang dunia pecinta alam tapi karena tenaga dan pikiran yang semakin bertambah tak mungkin saya jelajahi satu persatu.dimana di lain sisi saya juga berpikir harus mampu membiayai kuliah sendiri.Namun petualangan tak mudah saya lupakan, saya masih senang ekspedisi baik sekedar untuk refreshing maupun ada tujuan tertentu.

Bagaimanapun juga saya adalah “saya”, yang tak mampu lepas dari dosa dan khilaf layaknya manusia ciptaan sang kuasa, masih perlu pembenahan yang berkelanjutan.Harapan kedepan tetap ada dan ku tatap dengan pandangan terbuka.semoga saya mampu menjalankannya. Sedikit paparan ini saya harapkan bisa memberikan tambahan motivasi yang mumpuni untuk bekal dihari nanti.

Selamat menjelajahi blog kami ….silahkan klik sesuka hati

Semua pihak dipersilakan mengutip mengcopy atau apa saja dengan sayarat menyebutkan sumbernya Hak CIpta dilindungi Alloh SWT. karena ilmu Nya lah kita bisa

Tutup kata tiada gading yang tak retak tiada kayu yang tak patah tiada iman yang tak goyah, maaflah yang terindah di saat kita merasa bersalah.Salam perjuangan…..!!!

Billahi fii Sabilil haq fastabikul khoirot !

Wassalam…..

Currirulum Vitae :

  • Nama Lengkap : Naimul Hajar Alkaromy
  • Panggilang : Imul , Na’im , Hajar dll
  • TTL : Indragiri, Oktober 198X
  • Alamat Rumah : Jl.Palikatan RT. 01RW. 02 Desa Ngrukem Kec.Mlarak Kab.Ponorogo
  • Alamat Tinggal : Griya Nirwana D1 No.3 Sumorame Candi Sidoarjo
  • NO.Telp. : 081 933 18 16 15 / 03177 560 563
  • Hobi : Camping , Organizing , Touring , browsing etc. somethings about islamic activity
  • Pekerjaan : Mahasiswa , Internet cafe Operator
  • Status : Single
  • Warna kesukaan : Semua yang berwarna cerah tapi tidak menyolok dan norak
  • Makanan kesukaan : Sate , Sayur an , dan semua yang bersifat halal , tak beracun serta meminimalisir makanan2 yang berpengawet / buatan pabrik ex.MSG ,saos dll

Riwayat Organisasi :

  1. Hamba Alloh SWT. dan Pengikut Rosululloh SAW
  2. Ketua Dewan Galang Gerakan Pramuka SMPN 2 Pogalan Trenggalek Tahun 2000-2001
  3. Ketua Pecinta Alam SMAN 1 Trenggalek (PLASMA) Tahun 2003-2004
  4. Seksi Kerohanian Islam SMAN 1 Trenggalek Tahun 2003-2004
  5. Pramuka Saka Bhayangkaya Polres Trenggalek Tahun 2003-2005
  6. Brigade Penolong KWARCAB Trenggalek Tahun 2003-2004
  7. KORMA (koordinator Remaja Muslim) Kab.Trenggalek Tahun 2004-2005
  8. FORSMILE (Forum Silatuhrahmi Alumni Seksi Kerohanian Islam) Kab.Trenggalek Tahun 2005-skarang
  9. Sekretaris Koordinator Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UMSIDA Tahun 2007-skarang
  10. Asisten Laboratorium Komputer Fak.Teknik UMSIDA Tahun 2007-skarang
  11. Lembaga Training “Love Motivation Center” Bid.Data dan IT Sidoarjo Tahun 2008-skuatny
  12. Gubernur Mahasiswa Fak.Teknik Univ.Muhammadiyah Sidoarjo UMSIDA Tahun 2008-skarang
  13. Ketua Suatu Lembaga Pendidikan,Agama,Training,Sosial Masyarakat Mohon izin dari langit


Riwayat Pendidikan :

  1. TK Dharma Wanita Siwalan Mlarak Ponorogo Tahun 1993
  2. SDN Tugu 3 Mlarak Ponorogo Tahun 1993-1996
  3. SDN Ngulan Kulon 2 Pogalan Trenggalek Tahun 1996-1999
  4. SMPN 2 Pogalan Trenggalek Tahun 2002
  5. SMAN 1 Trenggalek (SMANESA) Tahun 2005
  6. Daffodile English course Pare Kediri Tahun 2005
  7. Smart English course Pare Kediri Tahun 2005
  8. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo UMSIDA Tahun 2006-sekarang
  9. Kairo University,Malaya University, Singapore University Mengharap Ridho Alloh SWT.

1 komentar:

Unknown mengatakan...


Thank you for the information..

ST3 Telkom